Minggu, 09 Agustus 2015

Wiring Horizontal dan Wiring Vertikal

Bismillahirrahmanirrahim

Kita sudah sampai pada materi yang keberapa ya? 10 atau 11?
Ya kita sudah sampai pada materi pembelajaran yang ke 11. Pada materi ini kita akan belajar tentang Wiring Horizontal dan Wiring Vertikal. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.


Wiring Horizontal dan Wiring Vertikal

Wiring yaitu teknik yang digunakan oleh designer jaringan tentangbagaimana pengkabelan dari jaringan tersebut akan dibuat. Seorang perancang jaringan tentu harus menguasai materi ini karena hal ini akan berhubungan denganefisiensi jaringan dan juga tampilan dari jaringan itu sendiri mulai darikerapihannya, penataannya, dll.

1.       Wiring Horizontal
Wiring horizontal dijalankan dari setiap workstation di suatu lantai yang sama ke ruang telekomunikasi, kemudian berakhir pada pemutusan punchdown, atau langsung ke patch panel. Di ruang telekomunikasi, peralatan jaringan seperti hub atau switch terhubung ke setiap stasiun kabel. Hub atau switch kemudian melewati sinyal komputer ke workstation lain atau ke server, atau bahkan ruang telekomunikasi lainnya untuk konektivitas utama dengan seluruh jaringan.

2.       Wiring Vertical (Backbone Cabling)
Ruang telekomunikasi di setiap lantai dihubungkan oleh Wiring Vertical atau Backbone Cabling. Jenis wiring ini biasanya dilakukan dari lantai ke lantai sehingga setiap ruang telekomunikasi di setiap lantai harus berada langsung di atas satu sama lain untuk meminimalisir panjangnya jalan kabel.
Dengan muncul dari Gigabit Ethernet dan 10 Gigabit Ethernet, kabel Fiber Optic adalah pilihan yang paling tepat untuk backbone kabel karena dapat menyediakan bandwidth sangat tinggi.

0 komentar:

Posting Komentar