Kamis, 06 Agustus 2015

Terminologi Jaringan Komputer

Jaringan Komputer

Jaringan Komputer merupakan sekumpulan komputer berjumlah banyak yang terpisah-pisah akan tetapi saling berhubungan dalam melaksanakan tugasnya. Dua buah komputer misalnya dikatakan terkoneksi bila keduanya dapat saling bertukar informasi. Bentuk koneksi dapat melalui: kawat tembaga, serat optik, gelombang mikro, satelit komunikasi. Dalam suatu jaringan komputer, pengguna harus bisa:


            1.       Masuk atau log in ke sebuah mesin
            2.       Menyampaikan tugas dari jauh
            3.       Memindahkan file-file
            4.       Menangani sendiri secara umum seluruh manajemen jaringan

Jaringan Komputer adalah kumpulan komputer otonom yang saling berhubungan dengan satu teknologi. Dua komputer dapat dikatakan berhubungan jika mereka dapat saling bertukar informasi (Tanenbaum, 2003). Sementara menurut Wagito (2007), Jaringan Komputer adalah “kumpulan komputer dan alat – alat lain yang saling dihubungkan bersama menggunakan media komunikasi tertentu”

Berdasarkan pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa Jaringan Komputer adalah kumpulan komputer otonom dan alat – alat lain (hardware/software) yang saling berhubungan dengan menggunakan media komunikasi tertentu.

Terminologi Jaringan Komputer


Komputer dalam jaringan dapat berhubungan melalui kabel, jaringan telepon, gelombang radio, satelit, maupun sinar infra merah (Wagito, 2007). Interkoneksi antar komputer ini dibagi menjadi 3 (tiga) tipe berdasarkan cakupan wilayah dan kompleksitas antara lain:

Local Area Network (LAN)

Local Area Network atau disingkat LAN adalah sebuah jaringan milik pribadi yang berada pada sebuah bangunan atau memiliki cakupan beberapa kilometer jika di ukur berdasarkan jarak (Tanenbaum, 2003). LAN di dasarkan pada teknologi Ethernet dan Wi-Fi yang telah di standarisasi oleh Institute of Electricals and Electronics Engineers (IEEE) dengan kode IEEE

Metropolitan Area Network(MAN)

Metropolitan Area Network (MAN) adalah jaringan yang mencakup sebuah kota (Tanenbaum, 2003). Pada skala MAN teknologi yang biasa digunakan untuk interkoneksi antar jaringan kabel Fiber Optik atau Wireless.

Wide Area Network (WAN)

Wide Area Network (WAN) adalah jaringan yang mencakup wilayah geografis yang luas seperti negara dan benua (Tanenbaum, 2003). Jaringan WAN terbentuk dari interkoneksi antar subnet yang berbeda dengan beragam media transmisi seperti Fiber Optik, Wireless dan bahkan satelit.

Sumber Referensi

Jaringan Komputer.pdf oleh Umi Probiyekti, S.Kom, MLIS

Tanenbaum, Andrew S., 2003, Computer Networks (4th Edition)

Wagito, 2007, Jaringan Komputer, Teori dan Implementasi berbasis linux. Gaya Media, Jogjakarta.

http://www.antlink.web.id/2012/10/jaringan-komputer/




0 komentar:

Posting Komentar