Jumat, 12 Februari 2016

Atribut Pada Form

Action Attribute



Action attribute pada HTML Form berfungsi untuk mendefinisikan tindakan apa yang akan dilakukan ketika formulir dikirimkan. Umumnya untuk menyerahkan data ke server adalah dengan menggunakan tombol submit sebagaimana sudah dibahas pada postingan sebelumnya. Dengan kata lain, action attribute ini artinya mau dieksekusi ke mana data itu ketika tombol submit diklik. Dalam contoh di atas, server yang ditentukan untuk menangani formulir yang diajukan adalah ke halamancontoh_action.php


<form action="contoh_action.php">

Method Attribute



Ada dua method, yaitu GET dan POST. Apa bedanya? method GET pada HTML Form digunakan jika pengiriman data bersifat pasif, Bila kamu menggunakan method GET maka data yang dikirim akan terlihat pada page address. Misalnya saja permintaan pada mesin pencari.

contoh html form

maka hasil input data yang terlihat di page address seperti ini :

contoh html form

Hasil yang kita input terlihat di page addres, yang berarti menggunakan method GET. Pada contoh tersebut, data yang diinput dikirim ke halaman carilagu.php

Sedangkan method POST digunakan jika data yang dikirimkan bersifat informasi yang sensitif. Misalnya password. Maka yang diinput dengan method POST ini tidak akan terlihat di page address.

Note : jika form method dikosongkan maka secara default akan dikenal sebagai method GET.

Name Attribute


Name attribute pada HTML Form berada di elemen input. Agar data yang dikirimkan bisa diterima dengan valid, maka masing-masing bidang input harus memiliki name atribut. Jika tidak dicantumkan name attributnya maka tidak akan diproses oleh form action.

Sumber : http://sinahu-coding.blogspot.co.id/

0 komentar:

Posting Komentar